Software dan Aplikasi, Apa bedanya???

Posted: September 26, 2013 in Uncategorized

Dahulu saya suka sekali memakai kedua kata tersebut seenaknya. Pemikiran saya, keduanya adalah sama. Dalam suatu percakapan saya bisa beralih dari istilah software ke istilah aplikasi untuk merujuk ke hal yang sama.

Ketika mulai blogging tentang komputer, saya baru mengetahui bahwa kedua istilah tersebut berbeda. Ketika menyadarinya, rasanya malu juga. Mungkin orang-orang yang pernah saya ajak ngobrol menertawakan saya dalam hati. Tapi biarlah… Itu bisa jadi pengalaman saya dalam belajar komputer.
sftware1
Baiklah…
Lalu apa perbedaan software dan aplikasi?
Aplikasi adalah software, tapi software belum tentu aplikasi

Software adalah perangkat lunak. Segala sesuatu yang berwujud perangkat lunak dapat disebut dengan software. Saya sendiri lebih suka menyebut software adalah segala sesuatu yang ada dalam komputer selain komponen fisiknya.

Aplikasi adalah bagian dari software. Sebuah aplikasi dibuat untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang dikehendaki oleh penggunanya.
Aplikasi lebih “dekat” dengan manusia

Karena dibuat untuk tujuan tersebut, maka sebuah aplikasi biasanya membutuhkan interaksi dengan penggunanya. Menurut saya pribadi, aplikasi itu lebih dekat dengan manusia daripada software karena aplikasi hampir selalu memerlukan interaksi dengan manusia, sedangkan software sangat jarang membutuhkan interaksi dengan manusia.
Aplikasi lebih spesifik ke sistem operasi tertentu

Aplikasi adalah software yang bersifat khusus (spesifik). Ketika Anda menyebut istilah aplikasi, maka istilah tersebut akan cenderung dihubungkan ke suatu sistem operasi tertentu. Hal ini karena sebuah aplikasi biasanya dibuat untuk sistem operasi tertentu.
Fungsinya: software untuk mesin, aplikasi untuk manusia

Software berfungsi untuk membuat sebuat komputer berfungsi dengan semestinya. Software menghubungkan semua fungsi komponen komputer.

Aplikasi berfungsi untuk membantu pengguna menyelesaikan suatu pekerjaan.
Kebutuhannya: software itu wajib, aplikasi tidak

Software wajib dibutuhkan oleh komputer. Tanpa software, komputer tidak dapat berfungsi.

Aplikasi tidak wajib dibutuhkan oleh komputer. Komputer tanpa aplikasi masi dapat berfungsi, hanya saja tidak dapat digunakan untuk mengerjakan sesuatu.
Contoh penggunaan istilah

Sebuah sistem operasi (XP, Vista, 7) adalah software, bukan aplikasi. Sistem operasi hanyalah suatu dasar saja. Sistem operasi menyediakan tempat agar sebuah aplikasi bisa dijalankan. Komputer yang hanya memiliki sistem operasi tidak akan bisa digunakan untuk bekerja.

Untuk mengerjakan suatu tugas, misalnya mengetik, maka sistem operasi tersebut membutuhkan aplikasi pengolah kata (misal: Ms. Word).

Gambar di atas menunjukkan bahwa sistem operasi adalah sebuah software yang menghubungkan semua peralatan yang berhubungan dengan komputer. Monitor, printer, keyboard, hard drive, RAM, semuanya dapat saling terhubung karena adanya software.
Referensi:
http://portalwongsukses.wordpress.com/2009/03/17/tahukah-anda-perbedaan-program-aplikasi-dan-software/
http://www.differencebetween.net/technology/difference-between-software-and-application/
http://panitiaictsmktp.blogspot.com/2012/05/software-type-of-software.html

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s